Sunday 22 January 2012

Spider’s Last Moment – The Arsonist Of Human Integrity


Spider’s Last Moment – The Arsonist Of Human Integrity (Hellavila Records / 2011)

Bayangkan sebuah konsep post-modernism dari psychological thriller macam Se7en (a movie by David Fincher) diadaptasi dan dituangkan dalam sebuah album konsep milik kuartet cerdas nan eksploratif Spider’s Last Moment. Maka hasilnya adalah debut full length rilisan Hellavila Records bertajuk The Arsonist Of Human Integrity, 7 buah track yang dibagi dalam 5 basic themes integritas badani manusia : Joy, Fear, Greed, Regret dan Worship.
Gilanya lagi masih diselipkan sebuah trilogi berdurasi 18 menit dalam tema Fear! Apa-apaan ini? Konsep di dalam konsep? Nampaknya mereka tergila-gila pada konsep non linear dan berlapis bak kulit bawang.

Peningkatan dari segi musikal terasa amat signifikan. Eksplorasi bebunyian dengan cetak biru guitar-based ambience macam Between The Burried And Me masih jadi rujukan, namun lebih advance dengan adanya kemauan menjamah sesuatu yang sebelumnya tidak mereka sentuh, macam fill beraroma blues praktis, freejazz, sludge, alur mixolydian bahkan folk gipsi pada beberapa pelafalan lirik dan bassline yang sangat komikal sekaligus satir.  Tembok sound yang dihasilkan pun terdengar lebih halus. Departemen vokal terasa lebih gelap dan menyayat dari rilisan sebelumnya, dan amat sesuai sekali untuk disandingkan dengan lirik-lirik nihilis yang ada didalamnya. Maka sahih jika anda menikmati musiknya sekaligus memahami liriknya, karena ini adalah adalah album konseptual berbasis rangkaian analisis kejiwaan manusia.

Dibuka dengan track The Arsonist yang mengawang meningkahi timbunan distorsi samar yang berlanjut ke track demi track sarat dengan liukan-liukan riff dan sound signature yang extraordinary serta ada basic feel bercitarasa Tony Iommi (Black Sabbath) yang disuguhkan penuh rasa hormat serta atmospheric. Jika di rilisan sebelumnya Manics adalah sebuah track yang menjadi turning point, maka dalam album ini Manics diterjemahkan ulang oleh Monolismethic ke dalam bahasa musik yang sama sekali berbeda lagi unik. Begitupun cover version dari Radiohead berjudul Street Spirit yang dirombak habis dan hanya menyisakan hook aslinya dalam penggalan bait singkat. Sejauh ini kami hanya mengeluhkan packaging hardcover mereka yang terlalu simpel untuk tema sedalam dan sebesar ini. Selebihnya…album ini adalah must have item di penghujung 2011! [Dozan Alfian]

Benchmark : Between The Burried And Me, Misery Signal
[8/10]

[Artikel ini ditulis untuk EAR Magazine via earmagazine.com]

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More