Friday 13 April 2012

Other People's Song


Introduksi oleh Dozan Alfian
Daftar lagu dan kisah dibaliknya oleh Dozan Alfian


Jauh sebelum para musisi memulai kariernya di blantika musik dan besar dengan karya-karya adiluhung buah kreatifitasnya, nyaris mutlak bahwa mereka beranjak dari mendengar, menikmati (dalam tafsiran pribadi saya berarti: sore hari, hujan, secangkir kopi hitam pekat, berbatang-batang rokok dan full tracks dari Pink Floyd album Dark Side Of The Moon), bahkan membawakan lagu yang terlebih dahulu populer dalam sesi jamming sebelum akhirnya mulai menulis lagu sendiri dan memperkenalkannya ke publik.

Terkait dengan hal tersebut , kali ini saya mencoba merangkum beberapa cover version yang dibawakan oleh band atau artis merujuk pada penghormatan mereka terhadap generasi pendahulu, maupun daya-upaya me-recycle suatu lagu dalam tafsir yang sama sekali berbeda dari lagu aslinya namun masih tetap memiliki kaitan erat-bersahabat dengan versi aslinya.

Dear Lads and Lasses, atas nama penghormatan kepada mereka-mereka yang menginspirasi, inilah sebuah mixtape edisi cover version yang secara sembrono saya juduli Other People's Song:

Adam Lambert – Whole Lotta Love (Led Zeppelin cover)
Bagi yang belum tahu, Adam Lambert adalah runner-up American Idol musim kedelapan. Saya menghormati Robert Plant, menghormati vokalnya yang prima dan kharismanya sebagai Biduan Zeppelin, tapi saya juga bersedia menerima versi Adam Lambert ini. Intro repetisi lagu ini yang memang gagah dari sononya ditambah vokal Lambert yang gemulai semi-garang membuat lagu ini jadi terasa punya kelezatan tersendiri

The Dillinger Escape Plan – Paranoid (Black Sabbath cover)
Metal Matematika! Berandalan Perusak Lagu! Minim Estetika! Bah! Apalah namanya! Bagi saya The Dillinger Escape Plan (TDEP) adalah kontingen dubrak desing yang luar biasa. Sempat merilis mini album berjudul Plagiarism yang berisi cover version mereka, kali ini TDEP meng-cover Paranoid-nya Black Sabbath. Ozzy Osbourne (vokalis Black Sabbath) sebaiknya mulai kembali ke bangku sekolah dan tekun belajar matematika. Oh ya, sebelum kamu menekan tombol skip di pemutar tembang digitalmu karena tidak kuat digempur rentetan playability kacau nan kurang ajar dari TDEP, mohon dengarkan track ini sampai ke tengah-tengah lagunya. TDEP tahu cara bersenang-senang dan urung merendahkan intelejensia Ozzy Osbourne!

Fall Out Boy feat John Mayer – Beat It (Michael Jackson cover)
Jika Michael Jackson membawakan lagu ini dengan pop-minded dan danceable, maka Fall Out Boy dan John Mayer merubah lantai dansa menjadi moshpit kecil-kecilan. Sekian.

Free Science Flag – Helly (Chicha Koeswoyo cover)
Mohon jangan bayangkan sosok Chicha semasa kecil nan lucu saat dia membawakan lagu ini, karena versi Free Science Flag (FSF) ini sungguh duh gusti, bandel, bengal, urakan, amoral dan minus tata krama. Dibawakan dengan gaya punk rock yang menghentak, Wawa sang biduan FSF mengubah liriknya di beberapa bagian. SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANAK-ANAK ANDA YANG BELUM MENGALAMI PUBERTAS!

Cranial Incisored – Friday I’m In Love (The Cure cover)
Kontingen chaotic math/free-jazz senior Cranial Incisored (CI) ini adalah tipe band yang senang menggebrak tanpa kulonuwun. Segendang-sepenarian dengan The Dillinger Escape Plan yang memilih membuat cover version dengan persepsi pribadinya, CI pun melakukan hal yang sama terhadap lagu milik The Cure ini. Membuka dengan intro yang manis lalu tiba-tiba bubar-bubrah jadi gerungan adu ilmu menggagahi instrumen musik masing-masing personilnya. Oh ya, kalau saya tidak salah fakta, track Friday I’m In Love yang ada di mixtape ini adalah versi terdahulu yang direkam bersama Roy Agus (drummer Death Vomit) sebelum akhirnya direkam ulang oleh Obet (drum) demi keperluan album Lipan’s Kinetic.

Aerosmith – Come Together (The Beatles cover)
Steven Tyler (vokal) dan aura magisnya. Entah apalagi yang harus saya katakan.

David Lee Roth – California Girls (The Beach Boys cover)
David Lee Roth merilis sebuah mini album berjudul Crazy From The Heat yang mana lagu-lagu didalamnya adalah cover version semua dan dirilis pada tahun 1985. Saat itu dia masih menjadi anggota Van Halen. Ada baiknya juga Lee Roth mulai memikirkan bersolo karier, karena akhirnya dia didepak dari Van Halen. Meskipun akhirnya balik lagi sih di formasi reuninya….

Fightstar – Fear Of The Dark (Iron Maiden cover)
Bruce Dickinson (vokalis Iron Maiden) boleh sudah berumur. Tapi rasanya kalian akan sepakat bahwa vokal Dickinson yang melegenda itu tidak bisa dipadu-padankan dengan Charlie Simpson (Vokalis-Gitaris Fightstar) meskipun sound musik yang dihasilkan Fightstar di sini cukup oke.

Motorhead – God Save The Queen (The Sex Pistols cover)
Berandal meng-cover berandal? Ya God Save The Queen-nya Pistols yang dibawakan dengan riang-ria oleh Lemmy Kilmister and Co. Coba deh lihat video klipnya, Lemmy (vokalis-Bassist)tanpa kumis khasnya itu. Aneh!

Guns N’ Roses – Live And Let Die (Paul Mc Cartney and Wings cover)
Awalnya dibawakan oleh Paul Mc Cartney and Wings  dan didaulat menjadi theme song film James Bond berjudul sama. Dibawakan ulang oleh GNR dengan beat yang berubah-ubah. Rasa-rasanya Duff McKagan (Bassist Guns N Roses) adalah orang yang bertanggung jawab atas beat yang berubah-ubah itu.

The Corrs – Little Wing (Jimi Hendrix cover)
Boleh jadi Little Wing adalah lagu yang cukup banyak di cover. Sebut saja Stevie Ray Vaughn, Eric Clapton, Skid Row bahkan G3 versi Steve Vai – Joe Satriani – Yngwie Malmsteen. Namun versi favorit saya adalah versi The Corrs ini. Selain vokal Andrea Corr memang merdu, solo gitar di tengah lagunya membuktikan bahwa tak harus hi-speed definition untuk melakukan pemujaan gigantik kepada mendiang Hendrix yang agung.

311 – Lovesong (The Cure cover)
Robert Smith (vokalis The Cure) mungkin sedang galau akut saat menulis lagu ini. Belum lagi karakter vokalnya yang depresif mengukuhkan lagu ini sebagai anthem bagi mereka yang sedang jatuh cinta. 311 membawakan lagu ini dengan balutan warna reggae yang tidak terlalu kental dan aura yang lebih terang. Not bad at all.

Red Hot Chilli Peppers – Havana Affair (The Ramones cover)
Sempat mengira ini adalah lagu asli RHCP karena biduan Anthony Kidies mampu meleburkan soul lagu ini dengan gaya khas RHCP. Kewl nuff!

Carlos Santana – Black Magic Woman (Fletwood Mac cover)
Ibu saya adalah penggemar berat Santana dan mengoleksi album-albumnya sejak saya masih kecil. Jadi, masih perlukah saya jelaskan kenapa Santana masuk dalam mixtape ini?

Crucified Barbara – Killed By Death (Motorhead cover)
The Iron Maidens yang all female menjadi cover version band dari Iron Maiden masih bisa lah ya, range vokalnya menjangkau gaya Dickinson. Tapi bagaimana jadinya kalau Swedish - All Female band bernama Crucified Barbara ini mencoba peruntungan dengan meng-cover tembang binal dari kontingen ugal-ugalan: Motorhead? Dengarkan saja…

Eric Clapton – I Shot The Sheriff (Bob Marley cover)
Clapton membawakan lagu ini setahun setelah Bob Marley merilisnya pada tahun 1973 dan turut bertanggung jawab memperkenalkan musik reggae ke ranah mainstream.

My Chemical Romance – All I Want For Christmas Is You (Mariah Carey cover)
Saya suka cara biduan MCR Gerrard Way menyanyi. Depresif, komikal, ekstra penghayatan (yang terkadang berujung lebay) dan histeris. Pertama mendengar lagu ini, kesan nuansa natal sama sekali tidak terlintas. Tergantikan oleh komposisi bernuansa rock dengan ratapan khas Gerrard Way yang membuat saya berpikir “oh, Gerrard ini semacam pria yang mengalami krisis paruh-baya plus puber kedua”.

Metallica – Astronomy (Blue Oyster Cult cover)
Salah satu cover version terkenal yang dibawakan oleh Metallica selain Whiskey In The Jar dari The Dubliners.

Muse – Can’t Take My Eyes Off You (Frankie Valli cover)
Termasuk salah satu lagu yang paling banyak di-cover. Versi dari Muse ini menampilkan falsetto nan rupawan dari frontman cerdas Matthew Bellamy (gitaris-vokalis).

Primus – Have A Cigar (Pink Floyd cover)
Sebenarnya saya agak kurang ridho jika lagu-lagu Pink Floyd direpresentasi ulang oleh musisi lain. Tapi Primus oke juga kok representasinya.

Pearl Jam – Rocking On The Free World (Neil Young cover)
Lebih dahulu dibawakan dalam versi live Pearl Jam bersama Neil Young, versi yang ada di mixtape ini adalah versi unplugged.

Aji Idol – Ketahuan (Matta cover)
Terimakasih untuk Aji yang membuat lagu besutan band Melayu-esque Matta ini menjadi lebih gemerlap dan naik kelas. Baik versi Matta maupun Uut Permatasari tidak direkomendasikan. Karakter vokal Aji yang Jazzy ditambah aransemen full band yang ciamik mengiringinya kala menjadi penampil dalam ajang Indonesian Idol beberapa tahun silam.

Frau feat Ugoran Prasad – Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa (Melancholic Bitch cover)
Aura magis selalu muncul tiap Frau membawakan lagu ini berduet dengan Ugoran Prasad yang merupakan biduan Melancholic Bitch. Permainan piano dari Frau ditambah duo harmonisasi suara dua manusia lawan jenis… Mohon jangan dengarkan lagu ini sendirian di dalam ruang tertutup jika kamu sedang mengalami galau akut!


Download the whole cover here


DOZAN ALFIAN



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More