Wednesday 8 October 2014

The Odds Of Getting Event - Gitar

Pada suatu kala, saya berpikir untuk gaya-gayaan membuat sebuah video bermain gitar dengan membawakan bagian gitar pada lagu dari band saya, Lex Luthor the Hero. Mulanya saya berpikir untuk memainkan Bunuh Teman Bermuka Dua, sebuah nomor yang paling sering kami  bawakan tiap kali manggung. Saya bimbang sendiri, lagu ini mempunyai dua versi berbeda yang masing-masing dapat didengar baik di album pertama A Random Act of Violence (2009) maupun album kedua Between the Living and the Dead (2011). Versi kedua adalah favorit saya karena lebih garang dan cara Jay bernyanyi lebih macho. Tapi versi pertama juga adalah versi yang unik, karena memasukkan unsur musik yang komikal pada bagian interlude. Akhirnya saya batal memilih lagu ini.

Pilihan kedua saya ada pada It's Just A Game. Sebuah tembang yang lumayan ugal-ugalan karena menolak bermain aman, mencampurkan Southern Rock, Folks, Metal, Trash bahkan sedikit sentuhan melodius a la Metalcore. Sekali lagi saya terpaksa menggugurkan pilihan ini mengingat lagu ini cukup rumit pada bagian solo yang berlayer 3 lapis. Malas rasanya mengedit video yang menyempilkan scene kecil di sudut yang menggambarkan progresi solo gitar. Ya, saya memang pemalas.

Sempat saya ingin membawakan I'm Mess, You're Disaster tapi lagi-lagi ada kendala, dimana pada bagian solo gitar saya memainkannya menggunakan steel slide. Dan saya sudah lama sekali kehilangan steel slide saya. Maka cukup jelas bukan, mengapa lagu ini tak jadi dimainkan.

Setelah menimbang-nimbang, The Odds of Getting Event nampaknya paling mudah direalisasikan. Mengingat durasinya tak panjang, dan lagu ini lumayan catchy. Yup, saya memutuskan untuk memainkan lagu ini. Segera saja saya siapkan kamera, mengatur posisi duduk dengan beberapa kali mengambil self-picture dalam posisi bermain gitar, sekedar untuk memastikan bahwa posisi saya sudah pas dalam frame. Maklum, saya mengerjakannya sendiri dengan alat seadanya. Tak lupa saya membuka banyak tirai agar pencahayaan alami masuk, meskipun tidak maksimal yang bisa dilihat dari masih adanya noise yang muncul pada video hasil akhirnya.

Tanpa basa basi, saya segera saja merekam gambar dalam 3 angles  berbeda menggunakan kamera mirrorless Sony Nex-3. 1 dari depan, 1 dari samping kiri atas dan 1 dari samping kanan bawah. Hasil perekaman gambar digabungkan menjadi satu dengan Cyberlink Powerdirector 11.

Secara teknis, lagu ini cukup mudah dimainkan. Lagu ini dimainkan dalam seteman drop D dengan senar berpenampang paling kecil 0,10mm. Pada proses rekaman aslinya, saya menggunakan gitar Scechter Diamond Series dengan pick up orisinil Scechter yang disambungkan ke POD XT Live dan berujung di Marshall JCM 900. Juru rekam kami (waktu itu adalah WisnuJahat, vokalis-gitaris dari band punk Peach 6012) menyarankan saya agar merekam dalam 2 track, untuk track utama dimainkan dalam posisi pick up selector pada pick up bridge dan untuk track layernya dimainkan dalam posisi pick up selector berada di center atau kombinasi bridge-neck. Hasil akhirnya bisa teman-teman lihat dan dengarkan pada video berikut ini. Selamat menyaksikan








0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More